- A. Profil Kementerian Kesehatan
- B. Profil Satuan Unit Kerja
- C. Profil Pimpinan Kementerian Kesehatan
- D. LHKPN
- E. Agenda Pimpinan
- F. Rencana Kerja dan Anggaran
- G. Program/Kegiatan
- H. Kalender kegiatan
- I. Laporan Kinerja
- J. Laporan Keuangan
- K. Laporan Akuntabilitas Kinerja (LAKIP)
- L. Informasi Layanan Masyarakat
- M. Penelitian
- N. Laporan Realisasi Anggaran
- O. Informasi Prosedur Peringatan Dini/Darurat
- P. Tata Cara Pengaduan Masyarakat
- Q. SK PPID
A. Profil Kementerian Kesehatan
Visi dan Misi
NAWACITA
Kementerian Kesehatan berperan serta dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui agenda prioritas Kabinet Kerja atau yang dikenal dengan Nawa Cita, sebagai berikut:
- Menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga Negara.
- Membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya.
- Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.
- Menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya.
- Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.
- Meningkatkan produktifitas rakyat dan daya saing di pasar Internasional.
- Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.
- Melakukan revolusi karakter bangsa.
- Memperteguh ke-Bhineka-an dan memperkuat restorasi sosial Indonesia.
VISI
Visi misi Kementerian Kesehatan mengikuti visi misi Presiden Republik Indonesia yaitu Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong-royong. Visi tersebut diwujudkan dengan 7 (tujuh) misi pembangunan yaitu:
- Terwujudnya keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menopang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumber daya maritim dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan.
- Mewujudkan masyarakat maju, berkesinambungan dan demokratis berlandaskan negara hukum.
- Mewujudkan politik luar negeri bebas dan aktif serta memperkuat jati diri sebagai negara maritim.
- Mewujudkan kualitas hidup manusia lndonesia yang tinggi, maju dan sejahtera.
- Mewujudkan bangsa yang berdaya saing.
- Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat dan berbasiskan kepentingan nasional, serta
- Mewujudkan masyarakat yang berkepribadian dalam kebudayaan.
TUGAS
Kementerian Kesehatan RI mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang kesehatan.
FUNGSI
Berdasarkan Permenkes 64 Tahun 2016, pasal 3 dalam melaksanakan tugas, Kementerian Kesehatan RI menyelenggarakan fungsi :
- perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, dan kefarmasian dan alat kesehatan;
- koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan, dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organsisasi di lingkungan Kementerian Kesehatan;
- pengelolaan barang milik negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Kesehatan;
- pelaksanaan penelitian dan pengembangan di bidang kesehatan;
- pelaksanaan pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia di bidang kesehatan serta pengelolaan tenaga kesehatan;
- pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan urusan Kementerian Kesehatan di daerah;
- pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Kesehatan;
- pelaksanaan dukungan substansif kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian Kesehatan;
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
Jl. H.R. Rasuna Said Blok X.5 Kav. 4-9, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 12950
Telp. 021-5201590 (hunting)
Fax : (021) 52921669
Contact Center : 1500567 (Halo Kemkes)
E-mail: kontak@kemkes.go.id
C. Profil Pimpinan Kementerian Kesehatan
Budi Gunadi Sadikin
Lahir di Bogor pada 6 Mei 1964, Budi Gunadi Sadikin dilantik menjadi Menteri Kesehatan RI pada tanggal 23 Desember 2020. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara I sejak November 2019.
Berkiprah sebagai Wakil Menteri yang membidangi BUMN Kesehatan dan Farmasi, beliau terlibat aktif dalam penanggulangan pandemi COVID-19 dengan membuka jaringan internasional dan mengerahkan sumberdaya dalam negeri untuk pengadaan alat PCR test, vaksin COVID beserta sistem pelaksanaan dan distribusi vaksin, dan juga pengadaan obat penyembuhan (therapeutic) COVID-19. Beliau juga berperan aktif dalam penanganan COVID-19 dengan memonitor dan mengelola 70 rumah sakit BUMN.
Budi Gunadi Sadikin memulai kariernya pada tahun 1988 sebagai Information Technology Officer di Kantor Pusat IBM Asia-Pasifik di Tokyo, Jepang, dan selanjutnya bergabung dengan PT Bank Bali Tbk. hingga tahun 1999. Berikutnya beliau menjabat sebagai Director of Consumer and Commercial Banking untuk ABN AMRO Bank Indonesia & Malaysia. Beliau juga sempat bergabung dengan PT Bank Danamon Tbk. dan Adira Quantum Multi Finance.
Tahun 2006, beliau menjabat sebagai Direktur Micro dan Retail Banking Bank Mandiri. Setelah menyelesaikan jabatannya di Bank Mandiri, beliau menjabat sebagai Senior Advisor Menteri Badan Usaha Milik Negara dari tahun 2016 sampai dengan 2017. Selanjutnya beliau menjabat sebagai Direktur Utama PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) (Persero) dari September 2017 sampai dengan November 2019.
dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp. PD., Ph.D.
Pria kelahiran Temanggung ini dilantik menjadi Wakil Menteri Kesehatan RI pada tanggal 23 Desember 2020. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Kepala Klaster Diabetik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Kencana sejak tahun 2018.
Dante Saksono Harbuwono menjabat sebagai Ketua Divisi Metabolik Endokrin pada Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo pada tahun 2017-2020, selanjutnya menjabat sebagai Koordinator Divisi Pengembangan Bisnis FKUI tahun 2013-2014. Beliau ditunjuk sebagai Anggota Panel Ahli Dokter Kepresidenan sejak tahun 2014 sampai saat ini. Sejak tahun 2017 sampai saat ini, beliau juga menjabat sebagai Kepala Klaster Metabolic Disorder, Cardiovascular and Aging IMERI FKUI.
Beliau merupakan lulusan S-3 dari University of Yamanashi Jepang tahun 2008. Gelar dokter spesialis penyakit dalam diraih dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Kunta Wibawa Dasa Nugraha, S.E.,M.A.,Ph.D.
Kunta Wibawa Dasa Nugraha, S.E.,M.A.,Ph.D. sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara, Kementerian Keuangan RI sejak 31 Januari 2020 dan Kepala Pusat Data dan Informasi Setjen Kemkes pada tahun 2013. Dilantik sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan pada tanggal 9 Agustus 2021. Pria kelahiran Solo, 30 November 1968 menyelesaikan pendidikan dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi (S.E.) di Universitas Gadjah Mada pada tahun 1993, kemudian meraih gelar Master of Art in Macroeconomics dari University of Boston, Amerika Serikat, pada tahun 1999, dan meraih gelar Phd in Public Finance dari University of Canberra, Australia pada 2013.
drg. Murti Utami, MPH
Perempuan kelahiran Jakarta ini dilantik sebagai Inspektur Jenderal pada tanggal 1 Februari 2019. Peraih gelar Master of Public Health dari Southern Cross University of Australia ini sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Kepegawaian tahun 2016, Kepala Pusat Komunikasi Publik Setjen tahun 2011 dan Kepala Biro Umum Setjen tahun 2009. Penghargaan terakhir yang diterima: Satyalancana Karya Satya 20 Tahun
dr. Azhar Jaya, SKM, M.A.R.S.
Pria kelahiran Jakarta ini dilantik sebagai Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan pada tanggal 8 Desember 2022. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan pada tanggal 19 Agustus 2020. Beliau juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama Rumah Sakit Ketergantungan Obat pada tahun 2018.
Beliau merupakan lulusan Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, serta meraih gelar Magister Administrasi Rumah Sakit dari Universitas Indonesia. Penghargaan yang terakhir diterima: Bhakti Karya Husada Dwi Windu (16 Tahun).
dr. Maria Endang Sumiwi, MPH
Perempuan kelahiran Merauke ini dilantik sebagai Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat pada tanggal 4 Maret 2022. Beliau adalah lulusan Fakultas Kedokteran dari Universitas Gajah Mada dan meraih gelar Master of Science in Public Health dari Universitas Umea, Swedia ini sebelumnya aktif di berbagai lembaga nasional dan international seperti Eijkman Institute, Medecins Sans Frontieres, WHO dan Unicef.
Dr. Dra. Lucia Rizka Andalusia, Apt, M.Pharm, MARS
Date of Birth : 26th February 1968
EDUCATION PROGRAM • Bachelor Pharmacy and Apothecary Faculty of Pharmacy - Universitas Airlangga • Magister Hospital Administration – Universitas Indonesia • Master Clinical Pharmacy – Universiti Sains Malaysia • Doctoral of Biomedical and Medicine – Faculty of Medicine Universitas Gadjah Mada
WORKING EXPERIENCE • Director General for Pharmaceutical and Medical Devices - Ministry of Health of Republic of Indonesia • Director for Standardization of Drug, Narcotic, Psychotropic, Precursor, and Addictive Substance – Indonesian FDA • Director of Drug Registration – Indonesian FDA • Acting Director of Drug Production Control – Indonesian FDA • Head of Pharmacy Department Dharmais Cancer Hospital • Head of R&D Department Dharmais Cancer Hospital • Head of Clinical Trial Unit Dharmais Cancer Hospital
drg. Arianti Anaya, MKM
Perempuan kelahiran Jakarta ini dilantik sebagai Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan tanggal 15 Desember 2021. Sebelumnya, peraih gelar Magister Kesehatan Masyarakat dari Universitas Indonesia ini menjabat sebagai Sekretaris Ditjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan sejak tahun 2018, Direktur Penilaian Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga tahun 2016, serta Direktur Bina Produksi dan Distribusi Alat Kesehatan tahun 2012. Penghargaan yang terakhir diterima: Satyalancana Karya Satya 20 Tahun.
Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS
Tempat Tanggal Lahir : Mundung, 20 Mei 1964
PENDIDIKAN : § SDN 1 Mundung (Tahun 1975) § SMPN 1 Tombatu (Tahun 1979) § SMAN 1 Manado (Tahun 1982) § S-1 Dokter Umum Universitas Sam Ratulangi (Tahun 1990) § S-2 Magister Administrasi Rumah Sakit DHSM Australia (Tahun 1994) § S-2 Magister Administrasi Rumah Sakit Universitas Sam Ratulangi (Tahun 2013) § S-3 Pendidikan Doktoral Entomologi Universitas Sam Ratulangi (Tahun 2019)
JABATAN : § Tahun 1991 – 2001 Kepala Puskesmas Moutong dan Biromaru Sulteng § Tahun 2002-2003 Ketua SPI RSUP Prof Dr. R. D. Kandau Manado § Tahun 2003-2005 Wadir Medis dan Pendidikan RSUP Prof Dr. R. D.Kandau § Tahun 2005-2007 Wadir Umum dan Keuangan RSUP Prof Dr. R. D.Kandau § Tahun 2007-2009 Kepala bidang P2PL Dinkes Prov sulut § Tahun 2009-2013 Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara § Tahun 2013-2018 Direktur Utama RSUP Prof Dr. R. D. Kandau § Tahun 2018- 2021 Kapusrengun SDM Kesehatan Kemenkes RI § Tahun 2020 – Plt. Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kemenkes RI § Tahun 2021 Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes RI § Tahun 2021 Plt. Direktur Jenderal P2P Kemenkes RI § 15 Desember 2021 – Sekarang Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI
Kepala Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan
Syarifah Liza Munira, S.E.,M.P.P, Ph.D.
Perempuan kelahiran Jakarta ini dilantik sebagai Kepala Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan pada tanggal 8 Desember 2022. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Ketua Program Studi Magister Ekonomi Kependudukan dan Ketenagakerjaan, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, serta Research Fellow, Health Economics di Australian National University. Gelar Doctor of Philosophy diraih dari Australian National University, dan gelar Magister diraih dari National University of Singapore.
D. LHKPN
Sekretaris Jenderal
Inspektur Jenderal
Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan
Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit
Dirjen Pelayanan Kesehatan
Dirjen Tenaga Kesehatan
Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik
Kepala Biro Keuangan dan BMN
Kepala Biro Umum
Kepala Biro Organisasi dan SDM
Kepala Pusat Data dan Informasi
Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi ASN
Kepala Pusat Kesehatan Haji
Kepala Pusat Krisis Kesehatan
E. Agenda Pimpinan
G. Program/Kegiatan
Program dan Kegiatan pada masing-masing Unit Kerja dapat dilihat pada Link sebagai berikut:
H. Kalender kegiatan
K. Laporan Akuntabilitas Kinerja (LAKIP)
Lakip Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Tahun 2019
Rekapitulasi Renstra Krisna
Perjanjian Kerja Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat
Perjanjian Kerja Biro komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Revisi
Rencana Aksi Kegiatan Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat th. 2020
L. Informasi Layanan Masyarakat
Informasi Layanan Masyarakat pada masing-masing Unit Kerja dapat dilihat pada Link sebagai berikut: